Laman

Selasa, 27 September 2011

Jalan Slamet Riyadi

Beberapa tahun kedepan Kantor Pos II Makassar yang dikenal luas di warga Makassar dengan sebutan Kantor Pos Besar akan dibongkar. Pembongkaran berhubungan dengan upaya pelestarian dan pengembalian areal Benteng Jumpandang (Ford Roterdam).


Kantor Pos Besar Makassar tentu menyimpan banyak kenangan bagi banyak pihak. Kantor Pos tersibuk di Indonesia Timur baik ketika pengiriman melalui pos masih ramai hingga saat ini.  Kantor ini juga merupakan salah satu kantor pos yang pernah diabadikan dalam prangko.


Agak sulit juga memilih membiarkan gedung itu dibongkar atau tidak menyaksikan kembali bagaimana kondisi awal Benteng Jumpandang. Sebab dalam peta yang ada pada jaman penjajahan halaman belakang benteng merupakan tanah kosong yang dilengkapi dengan parit.
Perbincangan mengenai hal ini harus mulai diusahakan, sebab gedung perdagangan Pemprov Sulsel sudah rata dengan tanah.


Setelah gedung itu mungkin RRI Nusantara IV akan memperoleh giliran berikut. Kita berharap kelak Benteng kembali menemukan semangatnya, dan kantor pos juga menemukan tempat baru yang lebih layak. Layak bagi masyarakat, bagi pengawai pos, filatelis, dan pihak lain yang membutuhkannya. (Darmawan Denassa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar