Laman

Selasa, 07 Oktober 2014

Filateli itu Apa?

Filateli merupakan kegiatan, aktivitas, kegemaran, kesukaan, atau  hobi mengumpulkan benda-benda pos seperti prangko, Sampul Hari Pertama (SHP), Sampul Peringatan (SP), Sampul Tahap Pertama (STP), souvenir sheet (SS), dokumen filateli, kartu pos (post card), maksimum card, dan lainnya.

Orang yang gemar mengumpulkan benda pos disebut filatelis. Dalam mengumpulkan benda pos, penggemar filateli biasanya mengkhususkan pada satu tema, misalkan hanya benda pos bertema lingkungan hidup, pendidikan, tokoh saja.

Secara mendalam makna filatelis mengacu pada  seseorang dengan spesialisasi pengetahuan pada satu bidang dalam mengumpulkan benda pos. Kata bidang ini juga mengacu pada satu tema. Karena mendalami pada tema itu maka pengetahuan tentang spesifikasi itu akan lebih dalam, sehingga mengetahui jumlah penerbitan dan pengetahuan lain tentang tema yang didalami bukan hanya dalam negaranya tapi juga dari negara lain. Filatelis dalam arti ini hapir sama dengan specialis dalam ilmu kedokteran. Pengetahuannya lebih khusus pada satu bidang tapi dimana pengetahuan itu lebih dalam.

Dalam pengumpulan benda pos terdapat hal baik yang akan muncul jika menggelutinya misalkan akan terbiasa hidup bersih, tiliti, telaten, suka persahabatan, gemar menulis, senang berbagi, dan sabar. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar