Laman

Kamis, 08 Januari 2015

Prangko Kerjasama Indonesia-Afrika Selatan

Pada hari Sabtu tanggal 15 Oktober 2011, bertepatan dengan penyelenggaraan Hari Prangko Nasional Afrika Selatan dilaksanakan acara peluncuran Penerbitan Prangko Bersama (Joint Issue of Stamps) Indonesia - Afrika Selatan.  Penerbitan prangko dan benda pos ini diusulkan oleh Darmawan Denassa, ketua Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) Cabang Makassar pada tahun 2008 silam.
Penerbitan bersama ini menandai 300 tahun hubungan masyarakat Indonesia dengan Afrika Selatan diawali dengan kedatangan ulama terkemuka Syeh Yusuf yang berasal dari Gowa,  ke Cape Town, Afrika Selatan sekitar tahun 1694. Kedatangan dan kehidupan Syeh Yusuf di Afrika Selatan memiliki arti dan peran penting dalam mempererat hubungan masyarakat kedua negara.

First Day Cover (FDC) atau Sampul Hari Pertama (SHP)
Joint Issue of Stamps (JIS)  Indonesia-Afrika Selatan
seri Syeh Yusuf.
Syeh Yusuf sendiri merupakan salah seorang putra terbaik dalam sejarah bangsa Indonesia, beliau menjadi orang Indonesia pertama yang dianugerahi gelar pahlawan pada dua negara yakni pahlawan nasional di Indonesia dan  pahlawan nasional di Afrika Selatan. Merupakan figur penting bagi kedua negara dengan perannya dalam  menentang penjajahan serta penyebaran Islam di kedua negara. Beliau merupakan ulama besar dari Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan yang diasingkan Belanda ke The Cape of Good Hope (Cape Town) karena  berjuang dan pemimpin perlawanan pada penindasan kemanusiaan. Nelson Mandela, tokoh perdamaian dunia dari Afrika bahkan mengatakan Syeh Yusuf salah satu tokoh yang menginspirasi perjuangan yang ia lakukan.  Atas dasar itulah Denassa menyusun proposal pengusulan penerbitan prangko pada dua negara.

Dalam seri prangko kerjasama ini  Indonesia menerbitkan lima lembar prangko masing-masing dengan gambar Syeh Yusuf,  Museum Balla Lompoa di Gowa- Sulawesi Selatan, Tari Pakarena Sulawesi Selatan, Tilanga dan Sandal Geulis, dan  alat music Tifa dari Papua. Sedangkan Afrika Selatan juga menerbitkan lima prangko dengan gambar Syeh Yusuf,  Bo-Kaap Museum,  Ghoema drums,  Bo-kaap art, dan  Cape Minstrel group. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar