Laman

Selasa, 09 September 2014

Prangko 50 Tahun Universitas Hasanuddin

Pada ulang tahun emas Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar yang diperingati 09 September 2006 pemerintah Republik Indonesia menerbitkan prangko peringatan. Yang istimewa dari prangko 50 tahun Unhas dibanding dua prangko seri universitas sebelumnya, masing-masing Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) yakni prangko 50 tahun Unhas merupakan prangko cetak tindih (over print stamp) dengan jumlah yang sangat terbatas yakni 11.000 keping termasuk yang digunakan dalam sampul peringatan sebanyak 3.000 keping.

Banyak pihak yang bertanya apa manfaat sebuah peristiwa, tokoh, tempat, lambang, logo, dan lainnya dimuat dalam prangko. Jawabannya peristiwa dan lainnya yang dapat dimuat dalam prangko hanya perisitiwa penting yang termasuk momentum. Semua momentum merupakan peristiwa tapi hanya sedikit peristiwa yang tergolong momentum. Dengan demikian prangko akan menjadi salah satu bukti dari sebuah momentum.

Prangko cetak tindih 50 tahun Universitas Hasanuddin (Unhas)
Makassar, dicetak diatas prangko seri Sultan-sultan Nusantara.
Jika kita kembali bercermin dengan penerbitan prangko seri universitas di tanah air, dari 4.000 lebih perguruan tinggi di Indonesia baru lima universitas yang pernah dimuat dalam prangko masing-masing UGM (1999), UI (2000), Unhas (2006), Universitas Padjajaran (2007), dan Institut Teknologi Bandung (2009). Dengan demikian hingga akhir 2014 ini prangko 50 tahun Unhas yang diusulkan Darmawan Denassa merupakan prangko terbitan pemerintah Indonesia pertama tentang universitas diluar univeristas di pulau Jawa. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar