Laman

Rabu, 10 Juli 2013

Identitas Sulawesi Selatan

Setiap provinsi di Indonesia memiliki identitas flora dan fauna sebagai perwakilan masing-masing daerah.  Flora dan fauna yang dipilih lazimnya merupakan tumbuhan dan hewan khas dari dari wilayah bersangkutan. Demikian halnya dengan Sulawesi Selatan, yang diwakili  Lontar (Borassus flabellifer)  sebagai inndentitas flora dan burung Rangkong sebagai identitas fauna. 


Pohon Lontar memang tumbuh banyak di Sulsel khususnya pada wilayah selatan, meski tanaman bangsa palma ini bukan hanya tumbuh di Sulsel tetapi sangat dekat dengan budaya dan tradisi masyarakat sejak lama. Lontar pada masa kerajaan dimanfaatkan sebagai serat yang jadikan media menulis mantra, cerita, hingga kronik kerajaan.  Serat daunnya juga dimanfaatkan sebagai bahan utama ayaman untuk songkok guru dan kerajinan lainnya. Selain media tulis sebelum ditemukan kertas daunnya dimanfaatkan sebagai bahan membuat tikar, bakul, dan beberapa produk untuk kebutuhan ritual masyarakat.

Maksimum card, bergambar indetitas
Sulsel.
Foto: Darmawan Denassa

Burung Rangkok merupakan burung yang lazim ditemukan di daerah Luwu. Burung ini memiliki kebiasaan berkelompok. Burung Rangkong atau Alau memiliki beberapa jenis serupa yang dapat ditemukan di Kalimantan dan Papua. Burung Rangkong identitas Sulsel dinamakan pula Rangkong Sulawesi.

Kedua identitas ini telah diterbitkan dalam prangko oleh pemerintah Republik Indonesia pada seri Cinta Puspa dan Satwa tahun 1996. (Darmawan Denassa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar